Pentingnya Mental Health Bagi Generasi Z

 

    Di era yang sekarang ini kesehatan mental sangat penting bagi generasi Z,karena untuk menjatuh seseorang tidak lah dengan menjatuhkan fisiknya tetapi cukup menjatuhkan mentalnya saja,karena dengan keadaan mental yang down seseorang akan merasakan depresi yang sangat berat dan kehilangan fokus terhadap segala hal yang akan dilakukan.jadi kita perlu menjaga kesehatan mental kita untuk menciptakan hidup yang lebih aman.sebelum itu kita bahas pengertian kesehatan mental terlebih dahulu.

1.Pengertian Kesehatan Mental

    Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang.Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan, antara lain depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada jenis pengidap tertentu, seperti postpartum depression hanya menyerang ibu setelah melahirkan.

2.Penyebab Kesehatan Mental

  • Cedera kepala.
  • Faktor genetik atau terdapat riwayat pengidap gangguan mental dalam keluarga.
  • Kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan lainnya.
  • Kekerasan pada anak atau riwayat kekerasan pada masa kanak-kanak.
  • Memiliki kelainan senyawa kimia otak atau gangguan pada otak.
  • Mengalami diskriminasi dan stigma.
  • Mengalami kehilangan atau kematian seseorang yang sangat dekat.
  • Mengalami kerugian sosial, seperti masalah kemiskinan atau utang.
  • Merawat anggota keluarga atau teman yang sakit kronis.
  • Pengangguran, kehilangan pekerjaan, atau tunawisma.
  • Pengaruh zat racun, alkohol, atau obat-obatan yang dapat merusak otak.
  • Stres berat yang dialami dalam waktu yang lama.
  • Terisolasi secara sosial atau merasa kesepian.
  • Tinggal di lingkungan perumahan yang buruk.
  • Trauma signifikan, seperti pertempuran militer, kecelakaan serius, atau kejahatan dan yang pernah dialami. 

3.Dampak Kesehatan Mental Yang Terganggu

     Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, menjelaskan bahwa ada jangka pendek dan panjang sebagai dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi.

"Dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi yang pertama akan memengaruhi kondisi psikologisnya. Misal, emosi yang tidak stabil, mungkin akan pengaruhi fisiknya yaitu merasa lelah, jenuh, pusing," jelasnya pada acara "First Anniversary Orami Community" pada Sabtu (26/10/2019) di JSC Hive, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, dampak gangguan kesehatan mental jika tidak diatasi lain misalnya gangguan pencernaan, karena itu semua dari stres. Bisa juga sebabkan relasi dengan teman, anak, dan pasangan jadi bermasalah.

"Keharmonisan keluarga akan mengalami masalah. Paling sering mungkin terkait hubungan seksual yang terganggu, karena seks menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat keharmonisan keluarga," jelas Rena.

Gangguan kesehatan mental akan memengaruhi seorang istri yang merasa lelah secara fisik dan mental, sehingga akan sulit melakukan seks atau menikmati hubungan intim dengan suami.

4.Cara Menjaga Kesehatan Mental

    a.Terima dan pahami kesehatan mental Anda

    Banyak orang tidak mau menerima kenyataan bahwa mereka berada di bawah semacam gangguan    mental karena ketakutan sosial. Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah    dengan menerima fakta ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya. Ini membantu dalam    menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental Anda dan menyelesaikannya sebelum    terlambat.

    b.Sibukkan diri dengan hobi

    Depresi sering membuat seseorang kesepian dan memutuskan hubungan mereka dari dunia.   Mengalihkan pikiran Anda ke hal-hal yang Anda sukai seperti menonton film, bermain game favorit    Anda atau melakukan hobi baru adalah cara terbaik untuk mengelola masalah kesehatan mental Anda.   Ini membantu menjaga pikiran Anda sibuk dan menyalurkan stres Anda di tempat lain yang memberi Anda perasaan yang berpikiran terang.

    c.Bicarakan

    Cara terbaik untuk menyingkirkan masalah kesehatan mental adalah dengan terhubung ke orang-orang. Mengekspresikan dan membagikan emosi Anda kepada teman dan keluarga membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Semakin Anda berinteraksi dan berbagi masalah dengan orang lain, semakin Anda singkirkan perasaan yang telah menyiksa Anda dari dalam.

    d.Tidur itu penting

    Banyak orang begitu sibuk dengan masalah dalam hidup dan pekerjaan sehingga mereka lupa tidur. Penurunan jam tidur dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, kurang konsentrasi dan masalah kesehatan lainnya. Tidur nyenyak setidaknya 7 jam untuk menjaga kesehatan mental.

    e.Pilihan makanan

    Kualitas makanan dan pilihan makanan kita sangat memengaruhi kesehatan mental kita. Saat ini, karena akses yang rendah ke makanan sehat, banyak orang dewasa muda menghadapi gejala kesehatan mental. Untuk mengatasinya, makan makanan yang penuh nutrisi dan membantu menjaga kesehatan otak kita. Selain itu, hindari makanan olahan dan makanan cepat saji dan cobalah untuk memasukkan sebanyak mungkin sayuran dalam diet harian Anda.

    f.Harga diri

    Sangat penting untuk menetapkan keyakinan positif terhadap kehidupan dan menghargai diri sendiri. Orang-orang dengan harga diri yang tinggi memiliki hubungan sosial yang lebih baik dan kehidupan yang lebih memuaskan sementara orang-orang dengan harga diri yang rendah menderita masalah emosional dan mental lainnya seperti kecemasan dan depresi.

    g.Hitung berkah Anda

    Penderita kesehatan mental sering melihat aspek negatif dari kehidupan mereka, yang menempatkan mereka dalam keadaan yang lebih menyedihkan. Untuk menghilangkannya, cobalah bersyukur atas semua hal baik dalam hidup Anda .. Ini akan membantu membawa kepositifan ke dalam pikiran Anda dan memberi Anda kepercayaan diri untuk menghadapi situasi negatif apa pun. Ini juga membantu meningkatkan kesehatan mental Anda.

    h.Berolahraga

    Pikiran yang sehat berbanding lurus dengan tubuh yang sehat. Para peneliti mengatakan bahwa olahraga adalah cara terbaik untuk melepaskan stres kita. Berolahraga setiap hari membuat kita tetap bugar secara fisik serta membantu sekresi hormon bahagia yang disebut dopamin.

Itulah beberapa penjelasan tentang kesehatan mental yang dapat saya ringkas dan saya berikan,bila ada kesalahan kata saya meminta maaf.terima kasih.SEE YOU NEXT TIME......



Komentar

Postingan populer dari blog ini

How To Love Yourself